Terima Kasih Telah Mengunjungi iKRaMedia, Silahkan Cari Barang Yang Anda Butuhkan Diwebsite Ini, Terima Kasih
  • Jam Buka Toko: 08:00 s/d 22:00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 089675602085
  • SMS/WA: 089675602085
  • ikramedia0701@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN UJIAN SISTEM ONLINE

21 Februari 2019 - Kategori Blog

Perencanaan yang baik, akan mendapatkan hasil yang baik, jika rencana tersebut dilaksanakan sebagaimana mestinya. Namun dibalik rencana ada kondisi tertentu diluar kuasa dan pengendalian seseorang. Apapun yang terjadi harus diterima sebagai kenyataan yang baik maupun yang buruk. Kenyataan harus dihadapi, kita boleh bersedih, kesal atau marah karena masalah yang dihadapi, tapi jangan terlalu terlena dengan masalah tersebut apalagi sibuk mencari ‘kambing hitam’ atau menyalahkan orang lain. Saya berpikir lebih baik menyibukkan diri mencari solusi dari masalah tersebut sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Dalam tulisan ini akan dibahas beberapa hal sebagai berikut:

  1. Bagaimana pelaksanaan ujian online tersebut?
  1. Bagaimana keunggulan dan kelemahan ujian online dari sisi siswa?
  1. Bagaimana keunggulan dan kelemahan ujian online dari sisi Guru?
  1. Bagaimana keunggulan dan kelemahan ujian online dari sisi sekolah?
  1. Bagaimana keunggulan dan kelemahan ujian online dari sisi Pemerintah?

 

  1. PELAKSANAAN UJIAN ONLINE

Ujian online bisa dimaknai bahwa ujiannya menggunakan akses internet atau online, dimana siswa dan siswi tidak perlu menggunakan peralatan ATK (Alat Tulis Kantor) tetapi hanya menggunakan electronik seperti laptop atau pun komputer, bahkan sekarang bisa menggunakan HP atau tablet yang berbasis android dengan syarat electronik mereka sudah tersambung dengan jaringan atau tersambung internet.

Begitu berbicara sistem ujian online, maka yang ada dikepala sebagian orang adalah ‘kebebasan yang seluas-luasnya’. Padahal sesungguhnya tidak seperti itu, ujian online ada aturannya, harus ada ruangan ujiannya, ada pengawasnya, aplikasi ujiannya harus dibuat khusus sehingga membatasi kemungkinan orang berbuat curang. Sistem ujian online yang UPTD SMP NEGERI 25 DEPOK gunakan adalah milik mas nur akhwan yang dikembangkan oleh ikramedia.web.id, Setelah itu orang berpikir ujian online perlu jaringan bandwidth internet “raksasa”, sebenarnya bandwitdh bukan lagi menjadi masalah besar, karena teknologi sudah berkembang dengan mamanfaatkan sistem terdistribusi, ataupun sistem hosting, seperti yang digunakan oleh UPTD SMP NEGERI 25 DEPOK.

Ujian Online Perlu lab komputer yang canggih?

sebenarnya tidak juga, syarat utamannya adalah PC, laptop, notebook, tablet dan HP android yang dapat terkoneksi jaringan internet. Hal ini sudah kami buktikan bahwa meskipun jumlah komputer yang dimiliki sekolah terbatas, tidak sebanding dengan rasio jumlah siswa tetapi pelaksnaan PAS online dapat berjalan dengan cukup lancar, karena ditambah sarana dengan menggunakan laptop, notebook, tablet dan HP yang dimiliki guru dan siswa.

Ujian Online perlu listrik dan jaringan internet?

ya wajib ada dong, kalau saat ini belum semua wilayah RI ada aliran listrik dan jaringan internet, kita bisa berharap kawan kalau sistem ujian online diterapkan pemerintah (PLN dan Telkom) memberikan perhatian khusus. Kalau memang tidak ada pasti tidak bisa dipaksakan, solusinya dengan cara ujian manual dengan soal dari sistem bank soal online.

Ujian Online semakin gampang soal bocor?

segampang-gampangnya membocorkan soal ujian online jauh lebih gampang membocorkan soal yang tercetak di kertas. Sehandal apapun sistem itu pasti ada celahnya, kemampuan untuk mendapatkan celah itu tidak sebanyak celah yang ada pada sistem manual. Saya menyakini bahwan setiap peluang yang ada sudah menjadi kodrati akan lahir bersama masalahnya. Setiap masalah pasti ada solusinya.

Biaya Ujian Online Mahal?

Memang betul mahal biaya investasi lab komputernya, tetapi keuntungan dapat digunakan berulangkali bahkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Jika kita menghitung secara biaya ujian yang diselenggarakan secara manual, mulai cetak soal, distribusi, pengawalan soal dari pihak keamanan, biaya mengoreksi hasil ujian. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama. Sehingga dibandingkan ujian manual jauh lebih mahal dari pada ujian online.

Ujian Online Sulit karena tdk semua orang bisa mengoperasikan komputer?

Mengoperasikan komputer buat sebagian besar orang mungkin memang sulit, tetapi untuk sekedar menekan huruf A, B, C, D, E spasi dan beberapa tombol keyboard lainnya bukanlah hal sulit. Sistem ujian online yang dibangun sudah dirancang untuk orang gaptek sekalipun. Jauh lebih sulit dan beresiko memberikan/mengganti jawaban ujian manual dibanding ujian online.

Ujian online perlu SDM yang handal dibidang IT?

kalau ini saya setuju 100%, sesungguhnya dunia pendidikan kita masih sangat memerlukan keberadaan orang IT dengan pola pikir IT. Pola pikir IT sederhana yaitu Ya (1) atau Tidak (0). Oleh karena itu, saya harus jujur mengatakan belum saatnya mata pelajaran TIK dihilangkan di kurikulum, karena siswa dan guru masih sangat membutuhkan mata pelajaran TIK.

 

 
Chat via Whatsapp